18:55 pm - Wednesday, 27 August 2014

Inilah Enam Daerah Di Gunungkidul Yang Rawan Longsor

By Admin Go - Sat Jun 15, 11:01 am

Ilustrasi (inet)

Ilustrasi (inet)

Gunungkidulonline.com- Bahaya tanah longsor masih mengintai daerah gunungkidul. Berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tercatat 6 kecamatan di gunungkidul masuk daerah rawan pergerakan tanah.

“Ada enam kecamatan gunungkidul yang berpotensi longsor, seluruhnya kategori menengah. Masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaan.” terang Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD DIY Prasetya Budi Laksana di kantornya, Jumat (14/6/2013).

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh, potensi longsor di Kabupaten Gunungkidul terdapat di Patuk, Nglipar, Tepus, Paliyan, Ngawen, dan Gedangsari. Semuanya masuk kategori menengah tinggi.

Prasetya juga mengungkapkan, selain masyarakat, BPBD di tingkat daerah juga harus tetap melakukan pantauan secara intensif di wilayahnya. Dengan demikian, pergerakan dan potensi bahaya bisa terus terpantau.

Peristiwa tanah longsor terakhir terjadi pada Kamis (13/6/2013) sore di Dusun Kledok Ploso, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul. Akibat musibah ini, satu orang warga mengalami patah tulang dan 316 jiwa penduduk mengungsi ke lokasi aman.

Isi Komentar Anda!
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi gunungkidulonline.com. Tidak boleh ada kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Follow Gunungkidul Online: Media Berita Online Gunungkidul on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Tulis Komentar

Komentar

  • 0 Comments
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 3.00 out of 5)
    Loading ... Loading ...
  • 209 views

Leave a Reply